MATERI BIOLOGI KELAS 10 : KINGDOM ANIMALIA
Senin, Oktober 23, 2017
Tambah Komentar
A.
Kompetensi
Inti
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Menghayati
dan mengamalkan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang Dunia Tumbuhan dengan cara menjaga serta memeliharanya menurut ajaran
agama yang dianutnya.
2.1. Berperilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, disiplin, jujur, teliti, cermat,
hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, dan peduli lingkungan)
secara kerjasama, resposif dan proaktif dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi.
3.8 Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan
anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
4.8 Menyajikan data tentang perbandingan
kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek
kehidupan dalam bentuk laporan tertulis.
C. Indikator
1.
Menjelaskan pengertian Arthropoda
2.
Mengidentifikasi
ciri-ciri Arthropoda
3.
Mengklasifikasikan
Arthropoda berdasarkan ciri-cirinya
4.
Menjelaskan pengertian dari kupu-kupu
5.
Mengidentifikasi
ciri-ciri Kupu-kupu (Ordo
Lepidoptera)
6.
Mengklasifikasikan
kupu-kupu (Lepidoptera)
berdasarkan ciri-cirinya
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Hewan Invertebrata
Konsep
A. Keanekaragaman
hayati Indonesia
Indonesia merupakan
negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri atas 18.110 pulau (LAPAIN-2003)
yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Lebih dari 10.000 diantaranya
merupakan pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut meiliki keadaan alam yang
berbeda-beda. Hal ini yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati
baik flora, fauna dan mikroorganisme yang tinggi.
B. Kekayaan flora,
fauna, dan mikroorganisme di Indonesia
Indonesia memiliki
sejumlah spesies endemic tertinggi di dunia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya
pulau yang terisolir dalam waktu yang cukup lama, sehingga perlahan-lahan
muncul spesies local yang unik, dan dikenal sebagai endemic.
C.
Hewan Invertebrata
Hewan atau animalia
merupakan organisme eukariotik (memiliki membran inti sel), multiseluler
(bersel banyak), tidak memiliki dinding sel, tidak berklorofil, dapat
menggerakan tubuh untuk mencari makan atau mempertahankan diri dari musuh.
Terdapat lebih dari satu juta spesies hewan yang beraneka ragam.
Hewan dapat dikelompokkan
berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, yaitu Invertebrata (tidak memiliki
tulang belakang) dan vertebrata (memiliki tulang belakang).
Hewan invertebrata dapat
dikelompokkan menjadi beberapa filum, antara lain Porifera, Coelenterata,
Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata.
Vertebrata dikelompokkan menjadi beberapa kelas, antara lain Pisces, Amphibia,
Reptil, Aves, dan Mamalia. Dari masing-masing filum tersebut dikelompokkan lagi
menjadi beberapa kelas.
Hewan invertebrata dan vertebrata
memiliki peranan terhadap kehidupan dan lingkungan hidup, peranan yang
bermanfaat maupun yang merugikan. Peranan itu meliputi dalam bidang ekonomi,
bahan pangan, industri, pertanian,vektor perantara penyakit, gangguan pada
manusia, dsb.
Insekta.
Memiliki
rangka luar ( eksoskeleton ), tubuh beruas-ruas, tubuh terdiri 3 bagian
yaitu kepala ( chepallus ), dada ( thorax ) dan perut.( abdomen
), kaki 3 pasang terdapat pada ruas dada,
Klasifikasi Insekta
Berdasarkan ada tidaknya sayap,
insekta dikelompokkan
menjadi dua sub kelas yaitu :
1. Insekta tidak bersayap, Insekta
ini dikelompokkan dalam sub kelas Apterygota.
2. Insekta bersayap dikelompokkan dalam sub kelas Pterygota.
2. Insekta bersayap dikelompokkan dalam sub kelas Pterygota.
1. Sub kelas Apterygota.
Sub kelas Apterygota ini memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
Tidak bersayap.
Tidak mengalami metamorfosis
(ametabola).
Tipe mulutnya menggigit.
Batas antara kepala, dada, dan perut
tidak jelas.
Antenanya panjang tidak beruas-ruas.
Contoh speciesnya yaitu kutu buku (Lepisma
sacharina)
Kutu buku dapat merusak buku karena
dapat mengeluarkan enzim selulase.
2.
Sub kelas Pterygota.
Sub kelas Pterygota ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Sub kelas Pterygota ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
o
Memiliki
sayap.
o
Mengalami
metamorfosis.
o
Tipe
mulutnya bervariasi.
Ordo
Lepidoptera
Ciri-ciri ordo Lepidoptera adalah :
- Memiliki
dua pasang sayap yang bersisik halus.
- Mengalami
metamorfosis sempurna.
- Tipe
mulut pada tahap larva menggigit, sedangkan pada tahap dewasa menghisap.
- Mata
fasetnya besar.
- Contoh
: Kupu-kupu Swallowtail, kupu-kupu sutera (Bombyx mori), kupu-kupu
elang (Acherontia atropos).
Prinsip
Hewan dapat dikelompokkan
berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, yaitu Invertebrata (tidak memiliki
tulang belakang) dan vertebrata (memiliki tulang belakang).
Hewan invertebrata dapat
dikelompokkan menjadi beberapa filum, antara lain Porifera, Coelenterata,
Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata.
Vertebrata dikelompokkan menjadi beberapa kelas, antara lain Pisces, Amphibia,
Reptil, Aves, dan Mamalia.
Prosedur
Mengelompokkan hewan ke
dalam kelompok hewan invertebrata atau vertebrata
Mengklasifikasikan
invertebrata dan vertebrata
Menemukan ciri-ciri dari
setiap kelompok hewan tersebut
E.
Metode
Pembelajaran
§ Cooperatif Learning
§ Pengamatan/observasi
§ Kaji
pustaka
§ Diskusi
§ Kerja Kelompok
F.
Kegiatan
pembelajaran/Langkah-langkah Pembelajaran/Skenario
Pertemuan ke-2 ( 3 x 45
menit )
Tahapan Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Orientasi
“Jika ibu
memperlihatkan kedua gambar didepan (gambar hewan invertebrata dan
vertebrarata), apakah keduanya sama ?”
§ Apersepsi
“Apakah
kalian pernah melihat keong?”
“Bagaimana
tekstur dari tubuhnya ?”
Jawaban yang diharapkan
adalah tubuhnya lunak dan teksturnya berlendir.
§ Motivasi
Guru memotivasi siswa
dengan mengajak untuk melakukan pengamatan dengan memperlihatkan awetan-awetan
spesimen berbagai macam hewan (Arthropoda dan coleoptera)
Penyampaian tujuan
pembelajaran
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
§
Menjelaskan pengertian dari Arthropoda dan kupu-kupu
Mengamati
§ Mengamati berbagai jenis hewan invertebrata di lingkungan.
Menanya
§ Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya yang
berhubungan dengan materi pada pertemuan kali ini yaitu mengenai hewan
invertebrata (Arthropoda dan coleoptera)
Mengumpulkan
Data
§ Untuk mengetahui ciri-ciri dari hewan yang termasuk
ke dalam Arthropoda khususnya kupu-kupu siswa ditugaskan melakukan pengamatan
langsung terhadap terhadap spesimen-spesimen awetan yang ada.
§ Siswa mencatat hasil pengamatannya pada LKS yang
telah disediakan.
Mengasosiasikan
§ Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya sehingga
dapat mengklasifikasikan setiap hewan tersebut.
Mengkomunikasikan
§ Siswa menjelaskan hasil pengamatan ciri-ciri dan
klasifikasi dari hewan-hewan yang telah diamati melalui permainan
|
100 Menit
|
Penutup
|
§ Siswa menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru
§ Melakukan umpan balik/refleksi
§ Memberi penugasan untuk rangkuman hewan-hewan
invertebrata pada buku individu
|
20 Menit
|
G.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media
§ Laptop
§ Infocus
§ Power
Point
§ LKS
Alat/Bahan
§ Hewan
Invertebrata
§ Gambar-gambar
hewan invertebrata
Sumber
Belajar
§ Aryulina,
Diah, Biologi 1 SMA, Esis. Bab 8, hal 166-178
§ Irnaningtyas.
Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Erlangga, Bab 7, hal 251-270
§ Internet
H.
Penilaian
A.
Penilaian
Kognitif
1. Berdasarkan
ada tidaknya tulang belakang, kingdom hewan dibagi menjadi berapa, Sebutkan ?
2. Apa
pengertian dari Invertebrata ?
3. Coba
sebutkan ciri-ciri filum arthropoda?
4. Sebutkan
macam-macam jenis kupu-kupu?
5. Sebutkan
peranan dari hewan kupu-kupu?
B.
Penilaian
Afektif
Materi : Hewan (Animalia)
Kelas/Semester : X / II
Hari/Tanggal :
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Resposif
Dan
Proaktif
|
Rata-rata
|
*) Ketentuan
A = Amat Baik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
1.
Penilaian
Psikomotor
Instrumen
Penilaian
Hewan
(Animalia)
Tanggal
Penilaian :
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
/ Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Kriteria
:
1. Siswa
menggunakan semua panca indera dalam observasi
2. Siswa
menggunakan alat/liretur sesuai untuk pengamatannya
3. Siswa
mencatat hasil pengamatannya di lembar pengamatan
4. Siswa
melakukan diskusi dengan teman kelompoknya
5. Siswa
merapikan dan membersihkan tempat setelah bekerja
Penilaian :
Nilai = x 100%
Bandung, Juni 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Ade Maesaroh Riya Putri
NIM. 105040097
|
Lampiran
Lembar
Kerja Siswa
Tujuan :
-
Siswa dapat
mengetahui ciri-ciri umum phyllum arthropoda
-
Siswa dapat menyebutkan
contoh hewan-hewan yang termasuk ke dalam phyllum arthropoda
-
Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri kupu-kupu
(Lepidoptera)
Cara
Kerja :
1. Coba
lakukan pengamatan hewan kupu-kupu
dengan menggunakan spesimen awetan yang ada.
2. Coba
identifikasi ciri-ciri dari setiap hewan tersebut
3. Dan
klasifikasikan kupu-kupu
NO
|
NAMA
SPESIES/SPESIMEN AWETAN
|
KLASIFIKASI
|
CIRI-CIRI
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
Belum ada Komentar untuk "MATERI BIOLOGI KELAS 10 : KINGDOM ANIMALIA"
Posting Komentar
Tinggalkan komentar terbaik Anda...