SEJARAH DAN MAKNA HARI GURU NASIONAL - 25 NOVEMBER 2017

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Hal itu ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Kini peringatan Hari Guru Nasional memmasuki usia ke-21 dengan mengusung tema Guru Mulia Karena Karya. Makna dari Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru

Namun, ada sejarah panjang hingga akhirnya 25 November terpilih sebagai Hari Guru Nasional. Selain Hari Guru Nasional, 25 November 1945 juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Adapun yang melatarbelakangi lahirnya Hari Guru Nasional dengan perjuangan panjang baru sepakat jika setiap tanggal 25 November menjadi Hari Guru Nasional berawal dari perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912.

Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) sekira dua dekade kemudian. Pergantian nama PGI tersebut membuat geram Pemerintah Belanda. Tepat ketika masa pendudukan Jepang, PGI dibungkam oleh Jepang. Pada masa tersebut, pemerintah Jepang melarang semua organisasi dan menutup semua sekolah.

Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali berkobar. Ditambah dengan digelarnya Kongres Guru Indonesia pada 24–25 November 1945 di Surakarta.

Sehingga, hasil kongres mencatatkan sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pun selanjutnya berdiri sekaligus diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Tanpa guru kita bukanlah siapa-siapa, tidak bisa kita membalas jasa-jasa beliau yang begitu banyaknya, setiap kita mungkin bukanlah seorang guru, namun ingatlah kita pernah menjadi siswa.

Bisa membaca dan menulis, mengenal kebaikan dan keburukan semua itu tidak terlepas dari peran seorang guru. Dengan menempuh pendidikan kita menjadi seorang manusia yang berprestasi, berdedikasi, dan berakhlak mulia. Semua itu tentu berkat guru. Maka pantaslah jika guru diberikan gelar kepadanya " pahlawan tanpa tanda jasa ".

Guru mengajar dan mendidik dengan ikhlas, jika dibandingkan dengan honor yang ia dapatkan belumlah sepadan, apalagi seoran guru honorer. Namun ironi kiranya, kondisi dunia pendidikan hari ini, seorang siswa tega menjebloskan guru kedalam penjara, terkadang hanya karena persoalan sepele.

Seharusnya tatkala muncul persoalan antara siswa dan guru, bijaklah kita sebagai orang tua peserta didik, untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan dan tidak membawa persoalan keranah hukum.

Dengan peringatan hari guru nasional, semoga kita bisa memaknai dengan hal-hal positif bahwa berkat perjuangan gurulah kita menjadi anak bangsa yang cerdas dan menjadi penerus pemimpin negeri ini.

Buat semua Guru seluruh Indonesia " Selamat Hari Guru " Terimakasih kami yang tak terhingga, semoga ilmu yang bermanfaat yang engkau berikan menjadi amal yang pahalanya terus mengalir.

Belum ada Komentar untuk "SEJARAH DAN MAKNA HARI GURU NASIONAL - 25 NOVEMBER 2017"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel