KEMULIAAN SAHABAT YANG DIPERSAKSIKAN

KEMULIAAN SAHABAT YANG DIPERSAKSIKAN

❓ *Pengertian sahabat*

🖋 *Sahabat* ialah seseorang yang bertemu Nabi Muhammad dalam keadaan islam dan meninggal di atas agama islam.

📒 (Tadrib Ar-Rawi: 2/209) 

‼Dua syarat ini harus terpenuhi agar seseorang itu dikatakan sebagai sahabat Nabi. Jika ada seseorang yang bertemu Nabi namun dirinya masih dalam kekafiran dan baru masuk islam setelah wafatnya, maka ia tidak bisa dikatakan sebagai sahabat. Atau, ia bertemu Nabi dan dirinya dalam keadaan islam, kemudian ia murtad setelah itu, maka ia pun tidak bisa dikatakan sebagai sahabat Nabi. Bahkan jika setelah murtadnya kemudian ia masuk islam setelah wafatnya Nabi, ia juga tidak bisa dikatakan sebagai sahabat Nabi. 

🖋Ini adalah pendapat Imam Syafi'i dan Imam Abu Hanifah, karena menurutnya murtad itu menghapus amalan-amalan yang sebelumnya. Sehingga secara zahir murtad itu juga menghapus status sebagai seorang sahabat yang disandang sebelumnya. Hal ini seperti yang terjadi pada Quroh bin Maisaroh dan Al-Asy'ats bin Qais. 

✒️Adapun jika ia kembali masuk islam saat Nabi masih hidup, maka ia tetap dikategorikan sebagai seorang sahabat. Seperti yang terjadi pada Abdullah bin Siroj. 

👥📖 *Para sahabat dalam Al-Qur'an* 

✒️Allah telah memuji kedudukan dan kemuliaan para sahabat Nabi secara umum di beberapa ayat dalam al-Qur'an, di antaranya: 

📖 Surat At-Taubah ayat 100 

📖Alloh ta'ala berfirman, 

وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ 

" _Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung."_ 

🖋Ayat ini merupakan pujian terbesar dari Allah untuk para sahabat Nabi yang pertama-tama masuk islam dari kalangan Muhajirin maupun Anshor serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Dimana Allah telah meridhoi mereka dan mereka pun ridho kepada Allah terhadap kemuliaan yang telah disediakan bagi mereka berupa surga dan kenikmatan yang kekal di dalamnya yang tiada tersentuh pun oleh kefanaan. 

Belum ada Komentar untuk "KEMULIAAN SAHABAT YANG DIPERSAKSIKAN"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel