MATERI FIQIH KELAS 11 : HUDUD DAN HIKMAHNYA

Image result for hudud dan hikmahnya









MATERI FIQIH TENTANG HUDUD

A.    Pendahuluan
         Didalam kehidupan ini banyak sekali terjadi kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh manusia.
Kejahatan itu terjadi karena ada niat yang terbesit dalam hati dan diiringi dengan kesempatan yang ada. Didalam islam setiap perbuatan yang dilakukan akan mendapat balasan yang setimpal. Dengan adanya hukuman ini maka seseorang tidak akan melakukan kejahatan dan supaya dapat menjaga ketertiban dalam kehidupan sosial masyarakat.
         Dalam pembahasan ini penulis akan membahas tentang Hudud (perzinaan, Qazaf, minuman keras, pencurian dan hukumannya. Dengan demikian segala permasalahan Hudud (perzinaan, Qazaf, minuman keras, pencurian dan hukumannya).

B.     Perzinaan dan Hukumannya
                     1.  Pengertian Zina
Zina adalah melakukan persetubuhan antara laki-laki dengan perempuan yang bukan istrinya atau tampa ikatan perkawinan. Ust. Labib Mz-Dra. Harniawat, (2006: 592)
Para ulama dalam memberikan devenisi zina ini berbeda redaksinya, namun dalam subtansinya hampir sama.  Diantaranya:
a.    Pendapat Malikiyah
Malikiyah sebagaimana di kutip oleh Abdul Qadir Audah mendefenisikan bahwa, Zina adalah persetubuhan yang di lakukan oleh orang mukalaf terhadap faraji manusia (wanita) yang bukan miliknya secara disepakati dengan kesengajaan
b.    Pendapat Hanfiyah
Zina adalah nama bagi persetubuhan yang haram dalam qubul ( kemaluan) seorang perempuan yang masih hidup dalam keadaan ihktiar ( tampa paksaan) di dalam Negri yang adil yang di lakukan oleh orang-orang kepadanya berlaku hukum islam, dan wanita tersebut bukan miliknya dan tidak ada syubhat dalam miliknya.
c.    Pendapat Syafi’iyah
 Syafi’iyah sebagaimana di kutip oleh Abdul Qadir Audah mendefenisikan bahwa, Zina adalah memasukkan zakar kedalam faraji yang di haramkan karena zatnya tanpa adanya syubhad dan menurut tabiatnya menimbulkan syahwat.
d.   Pendapat Hanabilah
Zina adalah melakukan perbuatan keji (persetubuhan), baik terhadap qubul maupun dubur. Ahmad Wardi Muslich, ( 2005: 6-7)
Dari semua pendapat di atas dapat disimpulkan bawa zina adalah hubungan kelamin antara laki-laki dan perempuan, baik laki-laki ataupun perempuan itu sudah pernah melakukan hubungan kelamin yang sah, ataupun belum diluar ikatan perkawinan yang sah.
                2.       Macam-macam perzinaan dan hukuman nya
zina itu ada dua macan yaitu:
a.    Zina Muhsan
Adalah orang yang melakukan zina itu sudah pernah menikah. Hukuman bagi orang-orang yang melakukan zina muhsan ini adalah rajam ( dilempari dengan batu yang sederhana sampai mati) hukuman ini berlaku kepada laki-laki dan perempuan  baik muslim maupun kafir/ murtad.
Alasan hukun rajam itu terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhari, Muslim, Abu Daut dan At-Tirmizi bahwa sanya Umar Bin Khatab pernah berkata: “sesungguhnya hukuman rajam di haruskan kepada orang yang berzina yang telah menikah (zina muhsan) baik laki-laki maupun perempuan, apabila telah terbukti kebenarannya bahwa ia benar-benar telah melakukan zina”.
Bagi pelaku zina muhsan dikenai hukuman rajam apabila telah memenuhi syarat sebagai berikut:
Ø Baligh
Jika orang yang melakukan zina itu belum baligh tetapi sudah kawin, maka ia tidak dikenakan hukuman rajam.
Ø Berakal
Anak kecil dan orang yang tidak sehat akalnya (gila) meskipun sudah kawin, maka tidak dikenakan hukum rajam.
Ø  Merdeka
Seorang budak yang melakukan zina meskipun sudah kawin, maka tidak di kenakan hukum rajam, cukup hanya dihukum sesuai dengan ketentuannya. Di jelaskan dalam Al-qur’an dalam sura An-Nisa’ ayat 25 yaitu:


Artinya :”Dan Barangsiapa diantara kamu (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini wanita merdeka lagi beriman, ia boleh mengawini wanita yang beriman, dari budak-budak yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu; sebahagian kamu adalah dari sebahagian yang lain, karena itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka, dan berilah maskawin mereka menurut yang patut, sedang merekapun wanita-wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) wanita yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya; dan apabila mereka telah menjaga diri dengan kawin, kemudian mereka melakukan perbuatan yang keji (zina), Maka atas mereka separo hukuman dari hukuman wanita-wanita merdeka yang bersuami. (Kebolehan mengawini budak) itu, adalah bagi orang-orang yang takut kepada kemasyakatan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antara kamu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Ø  Pernah bersetubuh
Jika orang yang melakukan zina itu sudah kawin tetapi ia belum pernah bersetubuh dengan siapapun termasuk istrinya, maka ia tidak di kenakan hukuman rajam

b.    Zina gairu muhsan
Adalah zina yang di lakukan oleh laki-laki dan perempuan yang belum berkeluarga. Hukuman untuk zina gairu muhsan ini adadua macam yaitu:
Ø  Dera seratus kali
Ø  Dan di buang (di asingkan) kedaerah alin selama satu tahun.
Dalam Al-qur’an Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 2 yaitu:


Artinya: “perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, Maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.”

Hal ini didasarkan pada hadist Rasulullah  yang diriwayatkan oleh Abdullah ibn Ash-Shamit bahwa Rasulullah bersabda:
خُذُوْا عنى خذوا عنى قد جعل الله لهن سبيلا, البكربالبكر جلد مائة ونفى سنة والثيب بالثيب جلد مائة والرجم . رواه مسلم و أبو داود و الترمذى                               Artinya: “Ambillah dari diriku, ambillah dari diriku, sesungguhnya Allah telah memberikan jalan keluar dari mereka (pezina). Jejaka dengan gadis, hukunannya dera seratus kali dan pengasingan selama satu tahun. Sedangkan duda dengan janda, hukumanya dera seratus kali dan rajam.” (hadist diriwayatkan oleh Muslim,Abu Daut dan Turmizi). Ust. Labib Mz-Dra. Harniawat, (2006: 592)

                3.       Hal-hal yang menggugurkan hukuman
Hukuman had zina tidak bisa di laksanakan atau gugur karena hal-hal berikut:
a.    Karena pelaku mencabut pengakuannya apabila zina di buktikan dengan pengakuan
b.    Karena para saksi mencabut persaksiannya sebelum hukuman dilaksanakan
c.    Karena  penginggkaran oleh salah seorang pelaku zina atau mengaku sudah kawin apabila zina di buktikan dengan pengakuan salah seorang dari keduanya. Pendaat ini di kemukakan oleh Imam Abu Hanifah. Akan tetapi menurut jumhur ulama, pengingkaran tersebut tidak menyebabkan gugurnya hukuman, kecuali apabial ada petunjuk atau bukti bahwa kedua pelaku zina itu memang sudah menikah.
d.   Karena hilangnya kecakapan para saksi sebelum pelaksanaan hukuman dan setelah ada putusan hakim, pendapat ini dikemukakan oleh mazhab Hanafi akan tetapi mazhab-mazhab yang lain tidak menyetujuinya.
e.    Karena meninggalnya saksi sebelum hukuman rajam di laksanakan , pendapat ini juga merupakan pendapat mazhab Hanafi.
f.     Karena dilaksanakan perkawinan antara pelaku zina tersebut. Pendapat ini di kemukakan oleh ImamAbu Yusuf murid dari Imam Abu Hanifah. Akan tetapi menurut fuqaha yag lain perkawinan setelah terjadinya perbuatan zina tidakmenggugurkan hukuman had, karena hal itu bukan merupakan syubhad. Ahmad Wardi Muslich, ( 2005: 59)
                4.       Hikmah diharamkan zina
adapun hikmah zina diantaranya adalah:
a.    Supaya manusia terhindar dari perbuatan dosa-dosa besar, termasuk salah satunya zina
b.    Supaya laki-laki dan perempuan terhindar dari perbuatan muhsan dan kotor yang merupakan penyakit kotor seperti AIDS
c.    Menjamin anak-anak yang lahir untuk mengetahui idenitas ayahnya yang jelas, sebab jika pegaulan bebas dengan perbuatan zina, lalu melahirkan anak maka sulitlah mencari siapa ayah yang sebenarnya. Ust. Labib Mz-Dra. Harniawat, (2006: 596)
C.    Qazaf dan Hukumannya
1.    Pengertian qazaf
Qazaf dalam arti bahasa adalah 
الرمى بالحجارة ونحوها Artinya melempar dengan batu dan lainya. Dalam istilah syarak qazaf ada dua macam yaitu:
a.    Qazaf yang diancadengan hukuman had.
Qazaf yang diancam dengan hukuman had adalah menuduh orang yang muhshan dengan tuduhan berbuat zina atau tuduhan yang menghilangkan nasabnya.
b.    Qazaf yang diancam dengan hukuman ta’zir.
Qazaf yang diancam dengan hukuman ta’zir adalah menuduh dengan tuduhan selain berbuat zina atau selain menghilangkan nasabya, baik orang yang dituduh itu muhshan maupun gairu muhshan. Misalnya mencaci maki orang dan dapat dikenakan hukuman ta’zir. Ahmad Wardi Muslich, ( 2005: 60-61)
Qazaf adalah tuduhan terhadap orang lain telah melakukan perbuatan zina. Tuduhan  semacam ini dilarang oleh agama dan termasuk dosa besar jika tampa disertai dengan bukti-bukti yang sah menurut syarak. Dan barang siapa yang melakukanya dikenai hukum dera sebanyak 80 kali. Hal ini di dasarkan  pada firman Allah dalam surat An-Nuur ayat 4 yang berbunyi sebagai berikut:


Artinya: “Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, Maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. dan mereka Itulah orang-orang yang fasik.” Ust. Labib  Mz-Dra. Harniawat, (2006: 601)
suatu tuduhan yang di lemparkan kepada seseorang  disebut dengan qazaf  yang diancam dengan hukuman berat bila terpenuhi unsur-unsur sebagai berikut:
a.    Tuduhan yang dilemparkan  kepada seseorang  itu adalah perbuatan zina atau meniadakan nasab  atau hubungan keturunan.
b.    Orang yang di tuduh berzina itu orang yang muhsan, dalam arti seseorang muslim yang dewasa, berakal sehat dan dalam kehidupannya tidak pernah tersentuh oleh perbuatan zina atau yang berdekatan dengan zina.
c.    Adanya kesegajaan berbuat qazaf  yang ia tahu dan dengan ucapan bahwa yang di tuduh tidak berbuat zina dan dia mengetahui pula bahwa apa yang di ucapkannya itu tidak benar dan dengan ucapannya  itu dia sengaja untuk mempermalukan orang yang dituduh.
Adapun ancaman hukuman bila terbukti secara meyakinkan telah terjadi kejahatan qazaf  maka ancaman yang di berlakukan terhadap pelaku adalah sebagai berikut:
a.    Hukuman pokok yaitu dera sebanyak  80 kali  denag alat yang ditetapkan untuk itu yaitu cambuk.
b.    Hukuman tambahan yaitu tidak di terima kesaksiannya untuk selamanya dan terhadap siapa saja.   Amir Syarifuddin,(2010: 285)
2.    Syarat tuduhan yang mewajibkan dera 80 kali
s yarat tuduhan adalah sebagai berikut:
a.    Orang yang menuduh sudah baligh
b.    Orang yang menuduh berakal
c.    Orang yang menuduh bukan orang  tua tertuduh, seperti bapak ibu atau nenek
d.   Orang yang dituduh adalah orang muslim
e.    Orang yang dituduh sudah baligh
f.     Orang yang dituduh berakal
g.    Orang yang dituduh adalah orang yang afif (dapat menjauhidari perbuatan yang mungkar).
3.    Gugurnya hukum dera.
Orang yang menuduh orang lain berzina, hukuman deranya menjadi gugur apabila:
a.    Dapat mengemukakan buti-bukti, berupa empat orang saksi.
b.    Tuduhan tersebut di maafkan oleh orang yang tertuduh.
c.    Li’an (dalam suami istri). Ust. Labib  Mz-Dra. Harniawat, (2006: 601)
4.    Pembuktian terjadinya qazaf.
adapun usaha pembuktian terjadinya qazaf  dilakukan melalui:
a.    Kesaksian dua orang saksi yang muslim, laki-laki dewasa dan berakal sehat, adil, kuat ingatan, manpu berbicara, tidak punya hubungan kerabat dan permusuhan dengan orang yang disaksikan. Kesemua saksi secara langsung menyaksikan ucapan yang di lontarkan oleh orang yang menuduh.
b.    Pengakuan sendiri dari orang yang menuduh bahwa ia telah melemparkan tuduhannya berbuat zina itu kapada yang dituduh dan ia sadar penuh dengan apa yang diakuinya itu.
c.    Penolakan sumpah. Hal ini dilakukan temukan kesulitan untuk mendatangkan saksi dan sipenuduh diminta bersumpahbahwaia tidak pernah melemparkan tuduhan, tetapi ia menolak memberikan sumpah tersebut. Penolakan sumpah tidak pernah melakukan penuduhan itu menjadi buktibahwa dia memang telah menuduh. Amir Syarifuddin,(2010: 286)
D.    Minuman Keras dan Hukumanya
1.    Pengertian minuman keras.
Minuman keras adalah segala minuman yang dapat memabukkan bagi seseorang yang meminumnya, seperti khamar, arak, wiski dan lain sebagainya. Segala macam minuman yang memabukkan baik meminumnya dengan banyak maupu sedikit hukumnya tetap haram, walaupun yang sedikit itu tidak sampai membuat orang yang meminumnya menjadi mabuk. Ust. Labib  Mz-Dra. Harniawat, (2006: 602)
larangan terhadap mabuk dapat dipahami dalam firman Allah QS. An-Nisa : 43, yang berbunyi :

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam Keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam Keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Pengampun.”

2.    Hukuman minum-minuman keras.
Bagi orang yang meminum-minuman keras adalah wajib didera sebanyak empat puluh kali sampai delapan puluh kali, apabiala ada dua orang laki-laki sebagai saksi atau dia sendiri yang mengakuainya. Artinya jika dia belum biasa minum, maka dera sebanyak empat puluh kali sebagai peringatan, dan jika dia sudah sering melakukannya maka dera sebanyak delapan puluh kali. Amir Syarifuddin (2010:289-294)
E.     Pencurian dan Hukumannya
1.    Pengertian mencuri.
pencurian menurut etimologi dapat diartikan dengan mengambil untuk memiliki sesuatu yang bukan haknya. Sedangkan menurut terminologi pencurian adalah untuk menjadikan sesuatu yang bukan miliknya menjadi miliknya dengan cara dan dalam bentuk apa saja, baik sesuatu itu hak milik perseorangan atau milik masyarakat. Sayyid Sabiq, (2006:256)
Mencuri adalah mengambil harta orang lain  dari tempat taruhannya (tempat peyimpanannya) secara sembunyi-sembunyi tampa sepengethuan pemiliknya. Ust. Labib  Mz-Dra. Harniawat, (2006: 605)
Adapun kriteria dari pencurian itu adalah:
a.    Mencuri itu mengandung arti mengambil yaitu memindahkan sesuatu dari suatu tempat kewilayah kepemilikannya.
b.    Yang diambil itu adalah harta berwujud barang yang nyata dan dapat dipindahkan.
c.    Harta yang diambil itu mempunyai nilai minimal tertentu.
d.   Barang yang dicuri sepenuhnya milik orang lain.
e.    Barang yang dicuri itu berada pada tempat yang tersimpan dan terjaga untuk itu.
f.     Pengambilan harta dilakukan dengan sembunyi-sembunyi dan diam-diam tanpa sepengetahuan pemiliknya.
g.    Kesengajaan melakukan pencurian dengan maksud untuk memiliki.

Adapun pembuktian terjadinya pencurian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a.    Kesaksian dua orang saksi muslim, laki-laki yang telah dewasa, berakal sehat, bersifat adil, tidak ada hubungan kerabat atau permusuhan dengan pelaku yang dituduh dan menyaksikan sendiri terjadinya pencurian.
b.    Pengakuan dari pelaku pencurian yang memberikan pengakuannya secara sadar tanpa paksaan.
c.    Sumpah balik, yaitu penolakkan sumpah yang dimintakan dari padanya yang menyatakan dia tidak melakukan pencurian.

2.    Hukuman bagi orang yang mencuri.
Orang yang mencuri wajib di beri hukuman yaitu dipotong tanganya. Jika orang tersebut mencuri untuk yang pertama kali, maka harus dipotong tangannya (dari pergelangan telapak tangan), jika ia mencuri untuk yang kedua kalinya maka dipotong kakinya yang kiri (dari pergelangan kaki kirinya). Ketiga kalinya maka dipotong tangan yang kiri. Keempat kalinya maka dipotong kaki yang kiri. Jika masih tetap melakukan pencurian, maka haraus dipenjarakan sampai ia mau bertobat dengan sungguh-sungguh.
Sebagaimana yang terdapat dalam QS. Al-Maidah : 38, yang berbunyi :


Artinya: “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” Sayyid Sabiq, (2006:256)
F.     Penutup
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa hukuman-hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku-pelaku kemaksiatan disebut hudud, karena hukuman tersebut dimaksudkan untuk mencegah agar orang yang dikenai hukuman itu tidak mengulangi perbuatan yang menyebabkan dia dihukum.
   Adapun bentuk-bentuk kejahatan yang dijatuhi hukuman hudud adalah Zina, Qazaf, minuman keras, pencarian. Membuat jera manusia dan mencegah mereka terjerumus dalam kemaksiatan oleh karena itu Allah memerintahkan untuk mengumumkan had dan menerapkannya dihadapan manusia.










DAFTAR KEPERPUSTAKAAN
Ust .Labib Mz Dra. Harniawati. 2006. Risalah Fiqih Islam, Surabaya: Bintang Usaha Jaya
Pipin Syarifin, 2000. Hukum Pidana di Indonesia, Bandung: CVPustaka Setia
Ahmad Wardi Lubis, 2005. Hukum Pidana Islam, Jakarta:Sinar Grafika
Amir Syarifuddin, 2010. Garis-garis Besar Fiqih, Jakarta:Kencana



Ingin Mendapatkan Materi ini? Silahkan Download melalui Link dibawah ini:





Belum ada Komentar untuk "MATERI FIQIH KELAS 11 : HUDUD DAN HIKMAHNYA"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel