CARA AGAR KUAT PUASA DI BULAN RAMADHAN

Puasa menjadi satu aktifitas wajib bagi umat Muslim. Selama satu bulan penuh umat Muslim menjalankan ibadah puasa menahan makan dan minum serta nafsu. Memang tidak mudah untuk menjalankan puasa terutama untuk usia anak-anak. Akan tetapi usia dewasa juga sering mengeluhkan rasa lapar dan haus tak tertahankan.
Padahal ada beberapa cara agar kuat puasa seharian yang mudah diterapkan siapa saja. Maka dari itu jika Prelovers masih penasaran mengenai cara mudah agar lebih kuat puasa seharian, cobalah beberapa cara berikut ini.

Hindari Konsumsi Bubur Saat Sahur
Cara pertama agar perut tidak merasa lapar berlebihan saat puasa adalah hindari makanan lembek salah satunya bubur di waktu sahur. Mengkonsumsi makanan lembek di waktu sahur akan memberi efek cepat lapar karena kandungan gula yang tinggi sehingga lebih cepat lapar. Konsumsi makan tinggi serat dan protein sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi lengkap saat sahur.
Jalan-Jalan di Sore Hari
Para pakar kesehatan menjelaskan cara mudah untuk berpuasa agar kuat seharian adalah berjalan di sore hari. Melakukan aktifitas tambahan seperti jalan-jalan di sore hari bisa memberi efek menarik pada tubuh yakni memberi latihan fisik untuk menghilangkan stigma di otak mengenai rasa lapar dan lemas akibat kurang minum dan makan.
Hindari Konsumsi Mie Instan Saat Sahur
Tidak sedikit orang mengkonsumsi mie instan saat sahur, padahal kandungan dalam mie instan sendiri masih kurang efektif untuk menu pembuka puasa. Mie instan mengandung beberapa bahan seperti natrium, MSG, hingga lemak jenuh sehingga Prelovers akan merasa haus lebih cepat bahkan membuat rasa lapar cepat datang sebelum waktunya buka.
Konsumsi Madu
Satu cara agar kuat puasa seharian adalah mengkonsumsi madu yang sangat baik untuk membuat tubuh terasa sehat meskipun menjalankan ibadah puasa. Madu mengandung gula alami sebesar 70-80% ditambah lagi sifatnya yang anti bakteri sangat baik dikonsumsi secara rutin. Jika ingin tetap kuat saat puasa cobalah konsumsi madu bersama kurma di saat sahur.
Tidur Cukup Saat Puasa
Masih ada cara lainnya agar Prelovers bisa kuat puasa seharian yakni tidur cukup saat puasa. Aktifitas tidur di saat puasa pasti meningkat, maka dari itu nafsu makan meningkat, maka dari itu tidurlah secukupnya agar tidak lapar saat berpuasa.
Konsumsi Kacang Merah Saat Sahur
Mengkonsumsi kacang merah saat sahur menjadi satu cara menambah stamina tubuh sehingga bisa menjalankan ibadah puasa seharian. Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga tidak mudah dicerna dan mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tidak hanya kacang merah saja, Prelovers bisa konsumsi jeruk, kol, lobak dan lain-lain.
Tambahkan Sari Buah Saat Buka Puasa
Pada saat berbuka puasa tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih terutama dari elektrolitnya. Selama berpuasa konsumsilah minuman sari buah di saat berbuka puasa untuk menggantikan carian tubuh yang hilang.
Terapkan Pola 2-4-2
Pola minum 2-4-2 dimana minum air dua gelas saat buka puasa, kemudian 4 gelas di malam hari sampai menjelang tidur ditambah 2 gelas saat sahur mampu menjaga kondisi tubuh tetap stabil hingga buka puasa. Dari pola minum 2-4-2 tersebut bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Belum ada Komentar untuk "CARA AGAR KUAT PUASA DI BULAN RAMADHAN"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel