KIR MAN LAMONGAN TEMBUS JUARA ‎NASIONAL

Tim KIR Man Lamongan yakni Winda, Ilma dan Labib mengikuti lomba LKDU “Chemistry Carnival 2016”
manlamongan - Tim KIR manela mengikuti kegiatan lomba LKDU “Chemistry Carnival 2016” yang diadakan oleh mahasisa jurusan kimia Universitas Brawijaya Malang. Lomba LKDU mengangkat tema “ Karya Daur Ulang Berbasis IPTEK sebagai Upaya Reduksi Limbah Domestik” ujar labib. Pendaftaran dibuka mulai 20 juni – 16 september 2016, dalam kegiatan lomba CC 2016 terdiri dari 2 sub lomba yakni lomba karya tulis ilmiah dan lomba kreativitas daur ulang. Lomba ini  ditujukan untuk pelajar SMA sederajat untuk membuat kreativitas mendaur ulang barang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi sehingga bisa menghasilkan suatu barang baru yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.
MAN Lamongan ikut berpartisipasi dalam lomba LKDU CC 2016, dengan mengirimkan 2 proposal mengenai produk daur ulang. Dan dalam pengumuman 10 finalis lomba LKDU salah satunya berasal dari MAN Lamongan yang berjudul “Pemanfaatan Limbah Ikan dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kec. Brondong, Kab. Lamongan” sebagai bahan pupuk cair dengan teknologi EM-4. Karya ini disusun oleh Ilma Sholika, Winda Paramita dan Slamet Puji Riyanto, siswa siswi kelas 12 yang mulai mengikuti KIR sejak kelas 10. Namun saat menjelang lomba Slamet sedang sakit akhirnya dia digantikan oleh temannya yang bernama Ahmad Shofiyul Labib, dia juga merupakan anggota KIR Man Lamongan.
Mereka mengambil tema tersebut karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair hasil olahan limbah ikan terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen yang dalam pembuatan pupuk cair dengan memanfaatkan bakteri EM-4, dan pengujian pengaruh pemberian pupuk cair terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pupuk cair dari limbah ikan dengan teknologi bakteri EM4 berpengaruh secara positip terhadap pertumbuhan tanaman cabai.

Karena kerjakeras dan kekompakan antar anggota tim serta keunikan tema yang mereka buat akhirnya KIR MAN Lamongan pun tembus Juara 3 tingkat Nasional dalam lomba LKDU CC 2016 ini, akhirnya nama KIR MAN Lamongan menjadi banyak dikenal oleh siswa. (vella/shania)

Belum ada Komentar untuk "KIR MAN LAMONGAN TEMBUS JUARA ‎NASIONAL"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel