Etika komunikasi kantor


 Etika komunikasi kantor


Etika merupakan suatu tipe pembuatan keputusan yang bersifat moral, dan menentukan apa yang benar atau salah dipengaruhi oleh peraturan dan hukum yang ada dalam masyarakat. Etika harus menjadi batu penjuru dari peradaban manapun, dimana nilai-nilai seperti kebenaran, kejujuran dan integritas ingin dipertahankan.
Pengertian etika komunikasi akan dititikberatkan kepada pengertian tentang etika itu sendiri. Secara etimologis, kata etika diartikan sebagai: (1) ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral, (2) kumpulan asas/nilai yang berkenaan dengan akhlak, (3) nilai mengenai enar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Apabila diambil pengertian bagian kedua, maka etika komunikasi akan mengandung pengertian cara berkomunikasi yang sesuai dengan standar nilai akhlak. Pengertian seperti ini mempunyai nuansa islami. Sedangkan pada pengertian ketiga, maka sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di tengah masyarakat atau golongan tertentu.
Untuk mengukur kualitas etika komunikasi yang baik, dapat dilihat dari sejauhmana kualitas teknis berkomunikasi ini sesuai dengan nilai-nilai kebaikan yang berlaku. Dalam konteks komunikasi, maka etika yang berlaku harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Berkomunikasi yang baik menurut norma agama harus sesuai dengan norma agama yang dianut [1]


[1] Ibid, 224 dan 225 -226

2 Komentar untuk " Etika komunikasi kantor"

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women get to live 10 years longer and weigh 19 KG lighter than us.

    (Just so you know, it is not about genetics or some secret-exercise and really, EVERYTHING related to "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    TAP on this link to see if this easy test can help you find out your true weight loss possibilities

    BalasHapus
  2. As stated by Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 42 lbs less than we do.

    (And actually, it is not about genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING about "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "what"...

    TAP this link to reveal if this little test can help you find out your true weight loss potential

    BalasHapus

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel