Tiga Provinsi Alternatif Calon Ibu Kota Negara | Mrofiudin29.blogspot.co.id

Pemerintah masih membahas mengkaji rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta. Kajian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang dipimpin Menteri Bambang Brodjonegoro itu akan segera dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, setidaknya, ada tiga provinsi yang menjadi alternatif Ibu Kota. Ini artinya, pemindahan di Palangkaraya belum final. “Belum pasti di Palangkaraya" kata Basuki di kantornya, Kamis 6 Juli 2017.
Tiga provinsi itu adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Meski begitu, menurut Basuki, tidak tertutup tempat lain.

Basuki menuturkan kriteria tempat yang layak untuk dijadikan Ibu Kota Negara, yakni tempat itu dapat memisahkan antara kegiatan ekonomi dengan pemerintahan.

Meski ia mengakui bahwa pemindahan kegiatan politik dan pemerintahan itu tidak mudah.
“Kementerian ini di Jakarta ada 900 ribu orang. Kalau dipindahkan ke sana harus disiapkan juga. Tapi kan harus diputuskan juga sesuai kajian Bappenas akan ditentukan yes or no,” kata dia.

Menurut Basuki, diperlukan waktu sekitar 4-5 tahun untuk memindahkan ibu kota, karena ada beberapa sistem yang harus diperhatikan dengan detail yakni menyangkut infrastruktur perkotaan, sistem saluran air atau drainase, transportasi, jalan raya, dan lain-lain. "Kalau planning makro kita mau apa kotanya, studi literaturnya dari mana-mana. Brazilia, Washington DC, dan lain-lain,” ucap Basuki.

Belum ada Komentar untuk "Tiga Provinsi Alternatif Calon Ibu Kota Negara | Mrofiudin29.blogspot.co.id"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel