Profil Menteri Susi

Profil Susi Pudjiastuti

Nama : Susi Pudjiastuti
Tempat/Tgl Lahir : 15 Januari 1965, Pangandaran
Pekerjaan : Menteri Kelautan dan Perikanan
Pendidikan : Usia 17 tahun keluar dari SMA ( Tidak Lulus SMA )
Suami : Christian von Strombeck

Memulai usaha di bidang perikanan, tepatnya di daerah pangandaran, di awal - awalnya berbisnis Susi berpikir bahwa dengan berijasah SMP bisa jadi apa? maka dengan tekad yang kuat dia pun berjualan keliling kota Pangandaran dengan menggunakan sepeda motor, beliau menjual bed cover, baju, hingga berbagai produk alam hasil bumi seperti cengkeh.
Dikala berkeliling menjajakan barang dagangannya tersebut Susi pun  mendapat inspirasi kalau sebenarnya potensi paling besar di kota Pangandaran adalah produk lautnya yakni perikanan.

"Mulailah saya pengen jualan ikan karena setiap hari lihat ratusan nelayan," tuturnya. Di tahun 1983, berbekal Rp.750 ribu hasil penjualan perhiasan berupa gelang, kalung serta cincin miliknya, Susi mengikuti jejak para wanita Pangandaran menjadi bakul ikan. Tiap pagi di jam- jam tertentu, dia nimbrung bareng yang lain untuk berkurumun di TPI (tempat pelelangan ikan).

"Pada hari pertama, saya hanya dapat 1 kilogram ikan, dibeli sebuah resto kecil kenalan saya," kengangnya.
Dengan berbekal keinginan untuk maju Susi pun terus berupaya menjual ikan pangandaran ke berbagai daerah, hingga ke Jakarta pun diusahakannya demi mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Jika ada pengiriman ikan ke Jakarta maka Susi harus menyewa Mobil Truk pengangkut ikan dan diisi dengan es batu agar ikannya segar, dan demikian Susi sering menyewa mobil dengan es pendingin hingga akhirnya dia pun bisa memiliki Mobil Trukd dilengkapi es pendingin sendiri.

Beliaupun menjadi salah satu juragan perikanan yang dikenal masyarakan luas di berbagai daerah di Indonesia maupun di Negeri Orang, Hongkong, Jepang, dan Asia Lainnya.

Wanita pengagum tokoh Semar dalam pewayangan mengaku telah tiga kali menikah. Tapi, biduk yang telah dia arungi bersama ketiga suaminya tak sebiru laut Pangandaran. Semua karam. Dari suaminya yang terakhirlah, Christian von Strombeck, sang Wonder Woman ini mendapat inspirasi untuk mengembangkan bisnis penerbangan.

Belum ada Komentar untuk "Profil Menteri Susi"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel