Istiqomah


Istiqomah

A Picture by https://www.dutaislam.com/2019/03/makna-istiqomah-dan-cara-mengamalkannya.html


                Istiqomah, adalah satu kata yang mungkin sulit aku kerjakan. Menurut pengertian umum yang aku pahami adalah kegiatan yang berkalanjutan dan dilakukan selama terus menerus atau konsisten. Dalam agama islam sendiri hal yang sifatnya wajib harus dilakukan selama istiqomah. Seperti rukun-rukun islam: sholat, puasa dan lain-lain. mau tidak mau kita harus melakukannya, karena itu adalah sebuah kewajiban.
                Hal-hal yang sudah terbiasa setiap hari itu disebut istiqomah, seperti yang kita butuhkan dalam kehidupan kita, contohnya makan dan minum, mandi dan kebutuhan lainnya yang tidak bisa kita tinggalkan. Lalu bagaimana dengan kegiatan yang bisa membuatku berkembang? Kenapa diri ini sulit sekali istiqomah dalam melakukan hal-hal yang baik dalam diriku? Mugnkin aku sendiri bingung dalam menjawabnya.
                Akan lebih baik ketika kita bisa melakukan apapun itu dengan istiqomah atau konsisten, tentunya dengan hal yang baik, jangan sampai kita melakukan suatu keistiqomahan dengan hal yang buruk. Aku sendiri masih bermasalah dalam istiqomah. Aku ingin melakukan kegiatan untuk membantu diriku berkembang. Aku ingin membaca setiap hari tapi belum bisa, aku ingin menulis setiap hari tapi bulum bisa, aku ingin membuat suatu karya setiap hari tapi belum bisa.
                Dalam beberapa tulisan atau video yang aku lihat dan aku baca, ada beberapa cara untuk istiqomah. Seperti kita melakukan hal kecil yang sifatnya sedikit tetapi dapat dilakukan setiap hari. Contohnya kita membaca dalam satu lembar saja, kita menulis dalam 200 kata per harinya. Seperti itu katanya dapat melakukan sesuatu dalam keistiqomahan. Aku juga masih belajar dalam melakukan istiqomah ini, mencoba melakukan hal-hal kecil, karena hal yang besar itu berwal dari hal yang kecil. agar semua yang aku kerjakan di hari ini akan menuai keberkahan dan kemanfaatan terutama untuk diriku juga orang lain dikemudian hari.

Belum ada Komentar untuk "Istiqomah"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel