GEMPA BUMI LAMONGAN DIPICU AKTIVITAS SESAR LOKAL

Minggu, 23 Juli 2017, pukul 19:28:58 WIB, wilayah Lamongan Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.2 dengan pusat pada koordinat 6.82 LS dan 112.48 BT, tepatnya di laut pada jarak 35 km Timur Laut Lamongan Jawa Timur pada kedalaman 5 km. Tidak berpotensi Tsunami.

Peta tingkat guncangan shakemap BMKG menunjukkan dampak gempabumi menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II-III MMI di Tuban, Lamongan dan Gresik Jawa Timur.

Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Yogyakarta bahwa di daerah tersebut guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempabumi. Ditinjau berdasarkan hiposenternya, gempabumi tersebut merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang terdapat di wilayah Lamongan.

Hingga analisa ini dibuat, tercatat satu gempabumi susulan terjadi dan  tidak dirasakan. Sehingga kepada warga di Lamongan dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang.

DR. I Nyoman Sukanta, S.Si, MT
Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta
Twitter: @bmkgjogja

Belum ada Komentar untuk "GEMPA BUMI LAMONGAN DIPICU AKTIVITAS SESAR LOKAL"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel