Pengertian Filsafat Ilmu


 Pengertian Filsafat Ilmu
Beberapa ahli memberikan definisi filsafat ilmu , di antaranya sebagai berikut.
1.      Michael V. Berry, filsafat ilmu adalah penelaahan tentang logika intern dan teori ilmiah, dan hubungan antara percobaan dan teori, yakni tentang metode ilmiah.
2.      May Brodbeck, filsafat ilmu adalah suatu analisis netral yang secara etis dan falsafi, pelukisan dan penjelasan mengenai landasan ilmu.
3.      Lewis White Beck, filsafat ilmu adalah ilmu yang mempertanyakan dan menilai metode pemikiran ilmiah serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
4.      A. Cornelius Benyamin, filsafat ilmu adalah studi sistematis mengenai sifat dan hakekat ilmu. Benyamin lebih melihat sifat dan hakikat ilmu ditinjau dari aspek metode, konsep, dan kedudukannya dalam disiplin keilmuan.
5.      Robert Ackermann, filsafat ilmu adalah tinjauan kritis tentang pendapat ilmiah saat ini dengan perbandingan pendapat lampauyang telah dibuktikan.
6.      Peter Caw, filsafat ilmu adalah bagian filsafat yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat umumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia.
7.      Alfred Cyril Ewing,  filsafat ilmu adalah filsafat yang membahas tentang logika, di dalamnya membahas tentang cara yang dikhususkan metode-metode dari ilmu yang berlainan.
8.      The Liang Gie, filsafat ilmu adalah pemikiran reflektif terhadap persoalan landasan ilmu dan hubungan ilmu dengan segala kehidupan manusia.
9.      Jujun S. Suriasumantri, filsafat ilmu adalah pengetahuan yang mencoba menjelaskan rahasia alam agar gejala alamiah tak lagi merupakan misteri.
Jujun menggolongkan pengetahuan menjadi tiga kategori umum, yakni :
1)      Etika, pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk.
2)      Estetika atau seni, pengetahuan tentang indah dan jelek.
3)      Logika, pengetahuan tentang yang benar dan yang salah.
10.     Beerling, filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri mengenai pengetahuan ilmiah dan cara memperoleh pengetahuan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Filsafat Ilmu"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel