Faktor menghambat komunikasi


 Faktor menghambat komunikasi



            Komunikasi juga melibatkan gangguan (noise), yang merupakan semua hal yang tidak dimaksudkan oleh sumber informasi. Ada empat jenis gangguan:
            Pertama, gangguan semantik (semantic noise) berhubungan dengan slang, jargon, atau bahasa-bahasa spesialisasi yang digunakan secara perseorangan dan kelompok. Misalnya saja, ketika salah satu dari kamu menerima laporan medis dari dokter mata, kata-kata yang muncul adalah “ocular neuritis” “dilated funduscopic examination” dan “papillary conjunctival changes”. Ini adalah contoh gangguan semantic karena diluar komunikasi kedokteran, kata-kata ini memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki makna sama sekali, apalagi bahas yang digunakan adalah bahasa inggris.
            Kedua, gangguan fisik (eksternal) physical (external) noise, berada di luar penerima.
            Ketiga, gangguan psikologis (psychological noise) merujuk pada prasangka, bias dan kecenderungan yang dimiliki oleh komunikator terhadap satu sama lain atau terhadap pesan itu sendiri.
            Keempat, gangguan fisiologis (physiological noise) adalah gangguan yang bersifat biologis terhadap proses komunikasi. Gangguan semacam ini akan muncul apabila anda sebagai pembicara sedang sakit, lelah, atau lapar.
            Segala sesuatu yang menghambat kelancaran komunikasi disebut sebagai gangguan (noise). Kata noise dipinjam dari istilah ilmu kelistrikan yang mengartikan noise sebagai suatu keadaan tertentu dalam system kelistrikan yang mengakibatkan tidak lancar atau berkurangnya ketepatan peraturan.[1]


[1] Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikas. Bandung: Widya Padjadjaran, hal 128-129

1 Komentar untuk "Faktor menghambat komunikasi"

  1. Did you hear there is a 12 word sentence you can tell your man... that will trigger deep emotions of love and impulsive attractiveness to you buried inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and look after you with his entire heart...

    ====> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will drive him to work better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, triggering this mighty impulse is absolutely mandatory to achieving the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him open his mind and heart to you in such a way he's never expressed before and he will see you as the one and only woman in the universe who has ever truly interested him.

    BalasHapus

Tinggalkan komentar terbaik Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel